Cara Membuat Capacitor Bank / Kapasitor Bank


capacitor bank

Cara Membuat Capacitor Bank / Kapasitor Bank - Capasitor bank atau yang sering disebut juga CAPBANK merupakan "sesuatu" atau himpunan yaitu himpunan komponen capasitor untuk penyimpan arus sesaat. Didunia otomotif capasitor bank ini banyak digunakan pada audio mobil untuk menaikkan dentuman bass/suara rendah. Namun didunia motor banyak yang menggunakan untuk menghindar aki tekor atau bisa dipasang pada lampu utama agar lebih terang karena arus yang lebih stabil. Manfaat sesungguhnya bukan hanya menghindar aki tekor, yang benar untuk meratakan arus DC yang keluar dari kiprok, karena tegangan DC yang keluar dari kiprok belum murni dengan kata lain tetap memiliki kandungan ripple.
Maka kalau kita menempatkan capasitor bank di motor lampu2 seperti rem, sein, spido bakal jadi lebih stabil walau aki soak. Namun Manfaat sesungguhnya di motor yaitu untuk lebih tinggi beban yang nyedot arus besar dalam sebentar saja seperti elektrik starter, klakson gede. Itupun bergantung dari nilai capasitor itu sendiri. Capacitor bank sebenarnya banyak dijual di toko-toko audio mobil tapi harganya mahal (untuk ukuran saya hehe), jadi disini akan kita bahas cara pembuatan capacitor bank dengan harga yang lebih murah.


Langkah gampang serta murah buat capasitor bank sendiri yakni beli capacitor atau nama biasanya ELCO 10.000uF/25V 10pcs, PCB bolong, kabel minim awg18 2 warna (merah hitam) 50cm serta skun di toko elektronik. Pararel seluruhnya ELCO, positif ketemu positif, negatif ketemu negatif di papan pcb. solder yang rapi serta kasih kabel di masing2 kutubnya. Perkiraan harga seputar 125rb Anda mempunyai CAPBANK sejumlah 100.000uF. Tambah lebih irit dibanding beli di toko dengan harga 150rb paling2 berisi cuma kisaran 10-30K uF saja.

skematik capacitor bank
contoh lain capacitor bank
contoh lain capacitor bank

Previous
Next Post »

9 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
May 22, 2016 at 10:28 PM delete

Unttuk pemasangan.nya d.mobil sendi bagaimana bang

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
May 22, 2016 at 10:29 PM delete

Unttuk pemasangan.nya d.mobil sendi bagaimana bang

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
July 4, 2017 at 10:37 PM delete

bisa kah Ultra capacitor 5.5v4F untuk membuat cap bank?

Reply
avatar
Akal sehat
AUTHOR
October 28, 2017 at 8:38 PM delete

Gampang bang, tinggal hubungkan kutub positif elco ke kutub positif aki, lalu hubungkan pula kutub negatif elco ke kutub negatif aki atau ke body. Pastikan tidak terbalik (karena bisa meledak jika terbalik). Kutub elco yang letaknya sejajar dengan garis yang ada di badan elco, menandakan kutub negatif.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 16, 2017 at 8:40 AM delete

Kalau yang agak gedean kayak ultra capacitor 2,7V 100F / 500F bisa gk min ??

Reply
avatar
Hanna
AUTHOR
December 27, 2018 at 12:33 PM delete

Cara nyambungin ke power audio nya gmana y gan,,?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 27, 2019 at 4:36 AM delete

Maksimal berapa mucro farad untuk stabiliser accu mobil ya Bank, tks n salam sukses

Reply
avatar
fnw
AUTHOR
July 27, 2020 at 5:41 PM delete

alangkah lebih baik diberi rangkaian tambahan menggunakan relay, ketika kontak on capbank baru menyala, untuk menghindari aki malah tekor tersedot elco2 tadi.
karena sifat elco yg menyimpan muatan sementara.

Reply
avatar
fnw
AUTHOR
July 27, 2020 at 5:43 PM delete

untuk relay diberi 2 relay, 1 untuk polaritas positif yg satunya untuk polaritas negativ

Reply
avatar